Program Studi Kebidanan  merupakan salah satu program studi yang ada di Diploma Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mataram. Sejak didirikan program studi ini telah mendidik banyak mahasiswa dari SMA Sederajadnya.
Melihat animo calon mahasiswa yang begitu besar untuk masuk sebagai mahasiswa Program Studi D3 Kebidanan Diploma kesehatan, Universitas Muhammadiyah Mataram merespon dengan sangat cepat dengan berbagai kebijakan yaitu antara lain :



a.    Berkonsultasi dengan Dinas Kesehatan Propinsi NTB tentang kelas gemuk dan penambahan kelas.

b.    Menyediakan sarana dan prasarana terutama sarana Laboratorium Kebidanan, misalnya ;
1.    INC ( Intra Natal Care)
2.    ANC ( Ante Natal Care )
3.    PNC  (Pos Neonatal Care)
4.    KDPK ( Ketrampilan Dasar Praktek Klinik)
5.    KB ( Keluarga Berencana )
6.    BBL ( Bayi dan Balita ).

c.    Melengkapi sarana Pusat Kesehatan Umat ( PKU)  Universitas Muhammadiyah Mataram sebagai sarana prktikum mahasiswa.

Program Studi D.3 Kebidanan telah mendapatkan Perpanjangan ijin penyelenggaraan oleh Koordinator Kopertis Wilayah VIII dengan Nomor : 3828/D/T/K-VIII/2009  tanggal 9 November 2009 dan  terakreditasi C, melalui keputusan Badan Akreditasi Nasional  Nomor : 001/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VI/2011 tanggal 3 Juni 2011.



A.    Visi Program Studi

D3 Kebidanan mendidik tenaga kesehatan yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan UUD 1945, berperiakal ,berperirasa, berperilaku, kreatif, dinamis, inovatif, memiliki integritas dan kepribadian tinggi, terbuka dan tanggap terhadap seni dan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan Kesehatan. Adapun visi program studi D3 kebidanan sebagai berikut :

1.    Mengembangkan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan meliputi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kurikulum, organisasi dan manajemen pendidikan.
2.    Mengembangkan pengkajian IPTEK dan penelitian dalam pelayanan kebidanan
3.    Mengembangkan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pelayanan kebidanan.
4.    Mengembangkan institusi pendidikan sebagai sumber informasi dalam upaya peningkatan standar pelayanan kebidanan.
5.    Mengembangkan kerjasama dengan institusi pemerintah, swasta dan masyarakat.

B.    Misi Program Studi

1.    Misi Pendidikan
Mengembangkan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan meliputi : Sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kurikulum, organisasi dan managemen pendidikan.
2.   Misi Penelitian
Mengembangan pengkajian IPTEK dan penelitian dalam pelayanan kebidanan.
3.   Misi Pengabdian Pada Masyarakat
a.   Mengembangan pengabdian pada masyarakat yang berfokus pada pelayanan kebidanan.
b.   Mengembangan institusi pendidikan sebagai pusat informasi dalam upaya meningkatkan standar pelayanan kebidanan.
c.   Mengembangkan kerjasama dengan institusi pemerintah, swasta dan masyarakat.
4.  Misi Al-Islam dan Kemuhamaddiyahan
Menyiapkan tenaga kebidanan yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia dalam mempersiapkan diri menuju masyarakat utama.

C.    Tujuan Program Studi

Pendidikan Diploma III Kebidanan Universitas Muhammadiyah Mataram adalah untuk menghasilkan Ahli Madya (AMd) kebidanan yang produktif, professional dan kompeten serta memiliki intelektualitas dan moralitas yang tinggi, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT yang mampu melaksanakan tugas dengan kompetensi sebaga berikut :

1.    Mengembangkan diri sebagai bidan professional yang berkepribadian Indonesia
2.    Menerapkan konsep dan prinsip serta keilmuan dan keterampilan yang mendasari profesionalisme bidan dalam memberikan asuhan dan pelayanan kebidanan.
3.    Melaksanakan asuhan kebidanan (Askeb) secara profesional pada wanita dalam siklus kehidupannya (remaja, pra pekawinan, ibu hamil persalinan, nifas, klimakterium, menopause, dan masa antara asuhan neonatus, bayi dan anak balita) disemua tatanan pelayanan kesehatan di institusi dan komunitas.
4.    Mengembangkan sikap profesional dalam praktek kebidanan, komunikasi interpersonal, dan konseling serta menjalin kerjasama dalam tim kesehatan.
5.    Memberikan pelayanan kebidanan dengan mempertimbangkan kultur dan budaya setempat, dengan melakukan upaya promosi dan reverensii kesehatan reproduksi mellui pendidikan, pemberdayaan wanita, keluarga serta masyarakatdengan tidak mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif.
                                              
D.    MOU dan Kerjasama

1.    RSUP  NTB
2.    RSI  Mataram
3.    Rumah Sakit Bhayangkara Mataram
4.    Dinas Kesehatan Kota Mataram beserta seluruh Puskesmasnya
5.    Dinas Kesehatan Lombok Barat beserta seluruh Puskesmasnya
6.    Universitas Mataram
7.    Universitas Udayana Denpasar
8.    BKKBN - NTB

Featured Posts

Anda Pengunjung Ke

free web counter

BAN-PT

SIAKAD DOSEN

SIAKAD MHS

BROSUR